Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen untuk keunggulan kompetitif

Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan yang digunakan untuk pengambilan keputusan para manajer.

Kondisi kompetisi usaha dalam lingkungan bisnis
  • Tekanan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas
  • Menjamurnya sejumlah pesaing baru
  • Keragaman tenaga kerja
  • Kesempatan - kesempatan baru
  • Deregulasi
  • Sistem sosial, politik, hukum baru
Macam - macam sistem informasi manajemen:
  1. Information Reporting System (IRS)                                                                               Information Reporting System (IRS) menyediakan informasi produk bagi manajerial and users untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan dari hari ke hari. 
  2. Decision Support System (DSS)                                                                                         Decision Support System (DSS) merupakan kemajuan dari information reporting system dan transaction processing systems.
  3. Executive Information System (EIS)                                                                                 Executive Information System (EIS) adalah tipe SIM yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen atas. Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis komputer.
Peran sistem informasi manajemen:
  • Mendukung operasi bisnis
  • Mendukung pengambilan keputusan manajemen
  • Mendukung keunggulan strategis
Strategi dalam keunggulan kompetitif perusahaan:

 * Strategi kepemimpinan dalam biaya
    Menjadi produsen produk dan jasa yang berbiaya rendah dalam industri
*  Strategi diferensasi
    Mengembangkan berbagai cara untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa perusahaan dari para
    pesaingnya atau mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaingnya.
* Strategi inovasi
   Menemukan berbagai cara baru untuk mengembangkan berbagai produk dan jasa yang unik.
* Strategi persekutuan
   Membuat hubungan dan persekutuan bisnis baru dengan para pelanggan, pemasok, pesaing,
   konsultan, dan perusahaan-perusahaan lainnya.
* Strategi pertumbuhan
   Secara signifikan memperluas kemampuan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa dan
   memperluas ke pasar global.

Sistem informasi manajemen untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.

Sistem informasi strategis dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan agar dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang.


Dimensi keunggulan kompetitif terdiri dari 3 macam:
1. Keunggulan strategis
    Yaitu keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan
    sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
2. Keunggulan operasional
    Yaitu keunggulan keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi
    perusahaan sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
3. Keunggulan taktis
    Yaitu ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik
    daripada pesaingnya.

Strategi dan perencanaan perusahaan
Strategi adalah suatu proses pengevaluasian kekuatan dan kelemahan dibandingkan dengan peluang dan ancaman yang ada dalam lingkungan yang dihadapi dan memutuskan strategi pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.

Strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan bersaing:
1. Peningkatan kualitas dan efisien
2. Membangun platform teknologi informasi
3. Strategi lainnya


https://www.youtube.com/watch?v=2oD-cFfPU34
    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Data Base dalam kartu tanda mahasiswa (KTM)

Solidwork

#UPAPSI1UAS - JAWABAN UAS NO.4 MENGUMPULKAN DAN MEMASUKAN DATA PRODUK