Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen untuk keunggulan kompetitif
Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan yang digunakan untuk pengambilan keputusan para manajer.
Kondisi kompetisi usaha dalam lingkungan bisnis
* Strategi kepemimpinan dalam biaya
Menjadi produsen produk dan jasa yang berbiaya rendah dalam industri
* Strategi diferensasi
Mengembangkan berbagai cara untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa perusahaan dari para
pesaingnya atau mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaingnya.
* Strategi inovasi
Menemukan berbagai cara baru untuk mengembangkan berbagai produk dan jasa yang unik.
* Strategi persekutuan
Membuat hubungan dan persekutuan bisnis baru dengan para pelanggan, pemasok, pesaing,
konsultan, dan perusahaan-perusahaan lainnya.
* Strategi pertumbuhan
Secara signifikan memperluas kemampuan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa dan
memperluas ke pasar global.
Sistem informasi manajemen untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
Sistem informasi strategis dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan agar dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang.
Dimensi keunggulan kompetitif terdiri dari 3 macam:
1. Keunggulan strategis
Yaitu keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan
sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
2. Keunggulan operasional
Yaitu keunggulan keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi
perusahaan sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
3. Keunggulan taktis
Yaitu ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik
daripada pesaingnya.
Strategi dan perencanaan perusahaan
Strategi adalah suatu proses pengevaluasian kekuatan dan kelemahan dibandingkan dengan peluang dan ancaman yang ada dalam lingkungan yang dihadapi dan memutuskan strategi pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.
Strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan bersaing:
1. Peningkatan kualitas dan efisien
2. Membangun platform teknologi informasi
3. Strategi lainnya
https://www.youtube.com/watch?v=2oD-cFfPU34
Sistem informasi manajemen adalah sistem informasi yang dirancang untuk menyediakan informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan yang digunakan untuk pengambilan keputusan para manajer.
Kondisi kompetisi usaha dalam lingkungan bisnis
- Tekanan untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas
- Menjamurnya sejumlah pesaing baru
- Keragaman tenaga kerja
- Kesempatan - kesempatan baru
- Deregulasi
- Sistem sosial, politik, hukum baru
- Information Reporting System (IRS) Information Reporting System (IRS) menyediakan informasi produk bagi manajerial and users untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan dari hari ke hari.
- Decision Support System (DSS) Decision Support System (DSS) merupakan kemajuan dari information reporting system dan transaction processing systems.
- Executive Information System (EIS) Executive Information System (EIS) adalah tipe SIM yang sesuai untuk kebutuhan informasi strategis bagi manajemen atas. Tujuan dari sistem informasi eksekutif berbasis komputer.
- Mendukung operasi bisnis
- Mendukung pengambilan keputusan manajemen
- Mendukung keunggulan strategis
* Strategi kepemimpinan dalam biaya
Menjadi produsen produk dan jasa yang berbiaya rendah dalam industri
* Strategi diferensasi
Mengembangkan berbagai cara untuk melakukan diferensiasi produk dan jasa perusahaan dari para
pesaingnya atau mengurangi keunggulan diferensiasi para pesaingnya.
* Strategi inovasi
Menemukan berbagai cara baru untuk mengembangkan berbagai produk dan jasa yang unik.
* Strategi persekutuan
Membuat hubungan dan persekutuan bisnis baru dengan para pelanggan, pemasok, pesaing,
konsultan, dan perusahaan-perusahaan lainnya.
* Strategi pertumbuhan
Secara signifikan memperluas kemampuan perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa dan
memperluas ke pasar global.
Sistem informasi manajemen untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan.
Sistem informasi strategis dapat dimanfaatkan untuk membantu perusahaan agar dapat bertahan hidup dan berhasil dalam jangka panjang.
Dimensi keunggulan kompetitif terdiri dari 3 macam:
1. Keunggulan strategis
Yaitu keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi perusahaan
sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
2. Keunggulan operasional
Yaitu keunggulan keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membentuk operasi
perusahaan sehingga sistem informasi dapat digunakan untuk mencapai keunggulan strategis.
3. Keunggulan taktis
Yaitu ketika perusahaan tersebut mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik
daripada pesaingnya.
Strategi dan perencanaan perusahaan
Strategi adalah suatu proses pengevaluasian kekuatan dan kelemahan dibandingkan dengan peluang dan ancaman yang ada dalam lingkungan yang dihadapi dan memutuskan strategi pasar produk yang menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan peluang lingkungan.
Strategi bisnis untuk meningkatkan keunggulan bersaing:
1. Peningkatan kualitas dan efisien
2. Membangun platform teknologi informasi
3. Strategi lainnya
https://www.youtube.com/watch?v=2oD-cFfPU34
Komentar
Posting Komentar